Sabtu, 09 Januari 2010

HARAPAN UNTUK 2010 (Expectation for 2010)

Menengok ke 20 tahun terakhir, catatan sejarah bumi ini sepertinya semakin menghawatirkan saja. Bukan bermaksud menakut-nakuti....tapi sejak 1990 selalu ada saja bencana gempa bumi di tiap tahunnya yang memakan banyak korban. Menurut data USGS, gempa-gempa besar tidak pernah absent semenjak 1990 - 2009 silam. Tercatat 20 gempa besar meluluh lantakkan 20 tempat di muka bumi yang 5 di antaranya terjadi di Indonesia.

Coba cek link ini:
http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/eqarchives/year/byyear.php

Fakta ini tentunya membuat miris kita sebagai bangsa Indonesia. Selain diberkati dengan segala sumber daya alam yang melimpah, di bumi nusantara ini ancaman gempa juga tidak kalah banyaknya. Kabar buruknya, frekwensi kejadian gempa itu semakin sering di tahun-tahun terakhir ini.

Semoga di tahun 2010 tidak terjadi lagi gempa-gempa yang menelan banyak korban baik benda ataupun nyawa. Sebagai konsekuensi alam, tentunya gempa boleh saja terjadi, tapi kita juga berharap agar gempa itu tidak akan sampai menghasilkan banyak kerugian. Menurut ilmu geologi, kabar baiknya, justeru semakin sering terjadi gempa, akan semakin baik karena energi yang dilepaskannya akan semakin kecil.




Earthquake Density Map (USGS)

Dan...semoga bencana senantiasa dijauhkan dari kita....."2010 tanpa bencana"

2 komentar:

  1. Duh...baru saja tiga hari artikel ini ditulis...dengan harapan 2010 tidak ada gempa besar lagi...ternyata Tuhan berkehendak lain

    di Haiti, Rabu 13 Januari 2010 gempa 7.3 SR meluluh-lantakkan kota itu dan ribuan nyawa dikhawatirkan terancam.....Oh Tuhan...semoga ini yang terakhir bencana melanda umat manusia di bumi ini....

    BalasHapus
  2. yang bisa dilakukan seorang engineer bukan menghentikan 2 lempeng yang bertabrakan itu pak,...tapi membuat sesuatu bangunan agar getaran gempa menjadi mengasyikan,...hahahaha(rumah goyang mungkin)
    di jepang udah ada kayaknya pak...konsep seperti ini,,.hohohoho hebat !!!

    BalasHapus