Minggu, 10 Januari 2010

RUMAH YANG PALING TAHAN GEMPA (The Most Earthquake Resistant Houses)


Setelah gempa menyerang, biasanya pemerintah mengganti rumah-rumah yang hancur dengan rumah tahan gempa. Namun, sesungguhnya kebanyakan rumah hasil rekonstruksi bukanlah rumah tahan gempa yang sebenarnya. Rumah-rumah tersebut hanyalah rumah yang “diperkirakan” akan lebih mampu menyelematkan penghuni dari bahaya fatal tertimpa bagian bangunan gempa. Konsep rumah tahan gempa selama ini adalah rumah yang mampu bertahan dari goyangan gempa beberapa lama setelah gempa terjadi namun bukan untuk tetap berdiri dari goyangan gempa. Tujuan utama adalah penghuni mempunyai waktu untuk menyelamatkan diri. Rumah boleh ambruk, namun harus punya jeda waktu. Tidak langsung ambruk.

Apakah ada rumah tahan gempa yang sebenarnya? Jawabnya YA.

Bangunan ini mirip dengan bangunan non permanent. Prinsip utama bangunan yang benar-benar tahan gempa adalah harus tidak berkaitan langsung dengan sumber goncangan yaitu bumi. Yang kedua adalah harus seringan mungkin.
Ruman-rumah tersebut adalah:

Rumah Balon Udara
Tujuan rumah balon adalah membuat rumah melayang di angkasa. Berapapun kuat gempa tak akan mempengaruhi rumah ini. Ini adalah rumah anti gempa yang paling ideal!!!

rumah balon (www.shannonfamily.ne )


Ruman Rakit
Rumah rakit, sama halnya dengan rumah balon, mengindarkan sentuhan langsung dengan bumi namun media yang dipakai adalah air. Asalkan tidak diikuti dengan tsunami, rumah ini sangat aman terhadap goncangan gempa.

rumah rakit (www.skatedc.org )

Rumah Pohon
Rumah pohon juga bertujuan mengangkat rumah dari bumi. Pohon-pohon jarang tumbang jika terjadi gempa, kecuali gempa diikuti tanah lonsor atau gempa sangat kuat sekali. Kekuatan pohon sangat berpengaruh dalam hal ini.

rumah pohon (caoscontrol.wordpress )

Rumah Bergerak
Rumah mobil atau caravan adalah pilihan lain untuk meminimalisasikan pengaruh goncangan gempa. Roda akan membuat rumah mudah bergerak jika terjadi gempa, dengan demikian rumah tidak akan hancur.

rumah karavan (www.beauly-caravan.co.uk/ )

Rumah Ringan
Rumah ringan juga akan mampu bertahan terhadap goncangan gempa. Rumus F=MA akan berpengaruh langsung terhadap rumah-rumah ringan.


rumah ringan (www.productlauncher.com )
so, bagaimana dengan rumah anda? sudah tahan gempakah???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar